Bus Transpatriot mulai melayani warga Kota Bekasi, Senin (26/11/2018)

Bekasi Kota,Bekasipost.com –  Setelah mangkrak 11 bulan, sejak diprogramkan Desember 2017 lalu, akhirnya bus transpatriot resmi beroperasi untuk fasilitas transportasi warga masyarakat kota Bekasi, Senin (26/11/2018).

Dua rute yang dijalani yakni rute pertama y dari Terminal Bekasi dengan tujuan Harapan Indah yang berjarak 14,7 kilometer. Disini tersedia 21 halte, pemberhentian. Rute kedua yakni rute baliknya yaitu dari Harapan Indah menuju Terminal Bekasi yang menempuh jarak 9,6 kilometer dengan halte pemberhentian hanya 13 halte. Jarak tempuh kedua rute berbeda karena melintasi jalur yang berbeda sehingga halte pemberhentian tidak sama.

Humas Perusahaan Daerah Mitra Patriot (PDMP) Kota Bekasi Iqbal Daus mengatakan, pihaknya selaku pengelola bus transpatriot akan menggratiskan tarif bus selama sepekan  ke depan sejak mulai beroperasi  Senin (26/11/2018).

Iqbal menambahkan, pihaknya masih melakukan kajian terkait besaran tarif yang akan diterapkan. “Jadi selama sepekan ini kami lakukan kajian besaran tarif yang nantinya ditentukan setelah operasi di 2 rute dengan jumlah selter (halte) yang berbeda”.

“ Jam operasional dimulai pukul 05.00 hingga pukul 22.00 WIB. Pengoperasian bus transpatriot diharapkan mengurangi kemacetan di Kota Bekasi dan membuat warga beralih dari kendaraan pribadi ke angkutan massal yaitu bus transpatriot, ujar Iqbal.

Sementara itu, Kepala Divisi Transpatriot  PDMP Nirwan Fauzi mengatakan jumlah halte bus transpatriot yang  tersedia yakni 34 halte pemberhentian dari jumlah 21 halte awal yang direncnakan. Penambahan ini disebabkan adanya beberapa halte Transjakarta yang dapat dijadikan sebagai pemberhentian bus Transpatriot,

“Ada tempat pemberhentian itu di dekat halte Transjakarta. Kami berhenti di situ. Jadi, warga yang mau ke Jakarta bisa nyambung naik bus Transjakarta,” kata Nirwan kepada awak media, Senin (26/11/2018). (RE)