Jokowi, pidato dalam Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) di kawasan JCC Jakarta, Selasa (27/11/2018).

Jakarta,Bekasipost.com – Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan untuk mendorong kemajuan pasar keuangan syariah sebagai sumber keuangan baru di Indonesia. “Kami akan mendorong keuangan syariah unuk menjadi sumber keuangan baru Indonesia. Di pasar keuangan syariah, kami akan menerbitkan sukuk BI,” ujar Perry Warjiyo,  ketika memberikan paparan dalam Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) di kawasan JCC Jakarta, Selasa (27/11/2018).

 

Saat ini dokumen terkait sukuk BI sedang dibahas bersama dengan Anggota Dewan Gubernur untuk difinalisasi. Sosialisai terkait penerbitan sukuk BI akan dilakukan oleh otoritas moneter dalam Festival Ekonomi Syariah dan Indonesia Sharia Economic Festival bertaraf internasional yang akan digelar di Surabaya, beberapa waktu mendatang, tambah Perry Warjiyo.

Perry Warjiyo, pada Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2018, Selasa (27/11/2018)

Sukuk BI ini diharapkan nantinya dapat mendorong pemberdayaan zakat dan wakaf yang produktif, sehingga peran keuangan syariah dalam investasi pun meningkat. Rencananya, sukuk BI diterbitkan dalam kurun waktu satu bulan ke depan. “Kami juga terus berpartisipasi aktif dalam mendorong pembiayaan ekonomi melalui penerbitan sukuk khususnya untuk pembangunan infrastruktur serta integrasi keuangan sosial dan komersial syariah, seperti pemberdayaan zakat dan wakaf produktif,” ujar Perry Warjiyo (MS)