Iluustrasi, Perangkat Lunak IT

NEW YORK, KOMPAS.com – Generasi yang lahir hingga di penghujung tahun 2000, tumbuh berkembang dalam ekosistem rumah tangga dengan beragam ketersediaan perangkat  teknologi. Generasi milenial atau generasi Z ini familier dengan beragam aplikasi teknologi maupun ICT (Information, Communication & Technology). Kini, generasi Z, berusia berkisar 18 – 25 tahun  ini mulai memasuki dunia kerja professional berbasis IT. Tidak terkecuali Indonesia sebagai negara berkembang yang berkiblat ke IT negara Barat & Eropa.

Business Insider (Kamis, 25/11/2018) menyusun daftar 15 jenis pekerjaan paling popular berbasis teknologi, yang sangat diminati oleh generasi Z dengan urutan tawaran gaji tinggi. Berikut kutipan daftar dari 15 pekerjaan berbasis IT  dengan gaji rata –rata yang di tawarkan :

1, Pengembang seluler (96,631 dollar AS)

Pengembang seluler (mobile developer) bertugas membuat perangkat lunak yang dirancang untuk aplikasi dan layanan seluler.

2. Data Scientist (96,115 dollar AS)

Seorang ilmuwan (data scientist) data akan menganalisis data yang relevan, mengidentifikasi tren, dan memanfaatkan algoritma.

3. Manajer produk (95,266 dollar AS)

Manajer produk akan memimpin tim yang bertugas mengembangkan produk tertentu untuk perusahaan.

4. Pengembang (93,987 dollar AS)

Pengembang memang merupakan peran umum, biasanya ditugaskan untuk bagian pengkodean dan membangun produk inti.

5. Ahli DevOps (87,400 dollar AS)

Insinyur DevOps cenderung memiliki campuran tanggung jawab sebagai pengembang perangkat lunak dan pekerja IT, dan akan bekerja untuk melakukan pengkodean dan pengujian produk.

6. Desainer User Interface (80,296 dollar AS)

Ilustrasi ahli IT(iStockphoto/scyther5) Perancang UI / UX akan membuat antarmuka pengguna atau sistem pengalaman pengguna untuk proyek tertentu.

7. Analis keuangan (69,560 dollar AS)

Seorang analis keuangan akan membantu dalam keputusan investasi perusahaan, serta menganalisis sistem keuangan perusahaan secara keseluruhan.

Serat optik untuk kemajuan dan pendukung perangkat lunak IT

8. Analis Bisnis (89,367 dollar AS)

Seorang analis bisnis akan mempelajari operasi perusahaan dan menentukan perbaikan atau perubahan apa yang dapat dilakukan dalam hal bisnisnya.

9. Administrator sistem (67,464 dollar AS)

Administrator sistem (admin sistem), biasanya disingkat menjadi SysAdmin yang bertanggung jawab atas sistem teknologi internal perusahaan, seperti server dan sistem komputer.

10. Manager operasi (64,853 dollar AS)

Manajer operasi (operation system) mengawasi sistem produksi perusahaan dan mengelola operasi sehari-hari secara umum.

11. Manajer akun (59,229 dollar AS)

Manajer akun (account manager ) akan mempertahankan hubungan klien dengan pelanggan atau sekumpulan pelanggan tertentu.

12. Staf penjualan (53,891 dollar AS)

Staf penjualan bertanggung jawab untuk mendapatkan dan mempertahankan klien, dengan tujuan akhir menjual produk perusahaan.

13. Manajer dukungan teknis (50,306 dollar AS)

Manajer dukungan teknis bertanggung jawab atas tim dukungan teknis yang menangani masalah apa pun dengan teknologi atau sistem perusahaan.

14. Rekanan pemasaran (50,185 dollar AS)

Rekanan pemasaran (marketing associate) adalah pekerja entry-level yang akan bekerja pada tim pemasaran untuk mengiklankan dan mempromosikan bisnis.

15. Layanan pelanggan (43,924 dollar AS)

Layanan pelanggan (customer service) bertanggung jawab untuk mengatasi setiap masalah atau masalah yang mungkin dimiliki pelanggan, serta menjawab pertanyaan dari pelanggan mengenai produk dari perusahaan.

Tentu, generasi milenial Indonesia, harus meningkatkan daya saing kualifikasi dan kompetensinya di bidang IT itu sendiri. Karena kemajuan teknologi di negara maju (barat & Eropa) cepat atau lambat akan bertransformasi ke dunia industry atau teknologi di Indonesia sendiri. Maka 15 jenis pekerjaan diatas, merupakan potensi lapangan pekerjaan buat generasi Z (Putri SN/A.P)