Armada  bus Transpatriot mulai beroeprasi untuk kemudahan transportasi warga Bekasi Kota (Senin,26/11)

Bekasi Kota,Bekasipost.com- Hari pertama, Senin (26/11/2018)  pengoperasian bus transpatriot, Perusahaan Daerah Mitra Patriot (PDMP) Kota Bekasi selaku pengelola bus Transpatriot  terus melakukan pembenahan dalam rute layanan. Kepala Divisi Transpatriot  PDMP Nirwan Fauzi mengatakan bahwa jumlah halte bus transpatriot yang  tersedia yakni 34 halte pemberhentian, dari jumlah 21 halte awal yang tersedia/dibangun. Penambahan ini disebabkan adanya beberapa halte Transjakarta yang dapat dijadikan sebagai pemberhentian bus Transpatriot

“Ada tempat pemberhentian itu di dekat halte Transjakarta. Kami berhenti di situ. Jadi, warga yang mau ke Jakarta bisa nyambung naik bus Transjakarta,” kata Nirwan kepada awak media, Senin (26/11/2018).

Nirwan menambahkan, bus Transpatriot yang mulai beroperasi hari Senin (26/11) ini, setiap harinya akan dari pukul 05.00 hingga pukul 21.00 WIB. Saat ini, beroperasi sembilan bus beroperasi dan akan berhenti di tiap halte. Selain halte terdapat juga titik-titik pemberhentian bus Transpatriot yang belum berupa halte tapi baru sebatas titik kumpul warga yang hendak naik angkutan umum. “Model kedua ini seperti di Taman Kota.  Haltenya belum ada (dibangun).  Sering dijadikan titik (tempat) kumpul orang yang naik angkutan. Kami jadikan pemberhentian,” ujar Nirwan, sebagai informasi sosialisasi.

Nirwan menambahkan, masa uji coba sepekan ini, pihaknya akan memperbaiki dan menambahkan kekurangan fasilitas seperti halte, bagian dalam bus dan hal lain. Adapun operasi layanan bus Transpatriot yakni pada 2 rute di 34 halte yang tersedia.

Interior bus Transpatriot masih perlu perbaikan untuk layanan maksimal.

Rute pertama yaitu dari Terminal Bekasi dengan tujuan Harapan Indah yang berjarak 14,7 kilometer. Disini tersedia 21 halte, pemberhentian. Meski untuk rute balik yaitu Harapan Indah – Terminal Bekasi, bus hanya berhenti di 13 halte, karena hanya menempuh jarak 9,6 kilometer. Jarak tempuh kedua rute berbeda karena melintasi jalur yang berbeda sehingga halte pemberhentian tidak sama. Masa uji coba operasi Transpatriot sepekan ini, tariff bus digratiskan, tandas Nirwan. (AP)