Tumpukan Sampah di tepi jalan. Warga buang sembarangan

Tambun Utara, Bekasipost.com – Kegiatan rumah tangga keluarga dan juga rangkaian aktivitas warga masyarakat selalu menghasilkan sampah dan limbah rumah tangga. Terkadang warga membuang sampah  ke kali atau buang di sembarang tempat atau tempat terbuka di tepi jalan. Sampah hingga saat ini masih menjadi permasalahan pelik dalam penanganan

kebersihan dan kesehatan lingkungan.

Terkait sampah,  Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi Jaoharul Allam mengatakan, pihaknya kerap mengangkut sampah yang menumpuk di tepi Jalan Karang Satria, Kecamatan Tambun Utara, Kabupaten Bekasi. Tumpukan sampah muncul kembali.

Jaoharul Alam,Kadis Lingkungan Hidup Kab.Bekasi

“Kita kan tidak bisa awasi setiap hari ketika warga membuang sampah. Di bantaran kali itu, sudah kerap kami bersihkan dan ratakan. Kita bahkan membuat taman pernah di bantaran kali itu,” tutur Jaoharul di Bekasi, Kamis (29/11/2018). Ia  menjelaskan, pihaknya tidak bisa menindak oknum atau juga pelaku yang membuang sampah sembarangan di tepi jalan itu.

Imbauan dan penyuluhan sudah dilakukan. Bahkan kita pasang papan di tepi jalan terkait Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2012 tentang Ketertiban Umum. Tertulis  bahwa dilarang membuang sampah di sekitar  di lokasi yang bukan tempat pembuanngan sampah. Bagi yang melanggar akan dikenakan sanksi pidana kurungan enam bulan atau denda sebesar Rp 50 juta.Ssanksi tindak pidana ringan (tipiring) ini pun belum pernah dilaksanakan.

Jaohrul menambahkan warga disekitar lokasi sering mengeluhkan tumpukan sampah yang makin membukit, bau menyengat dan telah berlangsung lama dan belum tertangani secara tuntas permanen oleh Pemerintah Kabupaten Bekasi. Termasuk di berbagai lokasi pembuangan sampah yang tidak resmi (AP/DP)