Sejumlah truk sampah milik Pemprov DKI Jakarta dihentikan para petugas Dishub Kota Bekasi saat hendak menuju TPST Bantargebang (foto Dishub Kota Bekasi)

Bekasi, Bekasipost.com – Puluhan truk sampah DKI dihentikan Dishub Kota Bekasi di Jalan Jenderal Ahmad Yani setelah Gerbang Tol Bekasi Barat, Rabu (17/10/2018). Dalam operasi penghentian itu, Dishub Kota Bekasi menemukan sejumlah truk yang tidak dilengkapi surat-surat kendaraan.

Terkait, peristiwa ini, Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi akan segera menerapkan jam operasional bagi truk sampah DKI Jakarta. Soalnya, ada sejumlah kewajiban yang belum dipenuhi Pemprov DKI Jakarta sebagaimana telah tercantum pada perjanjian kerja sama (PKS) yang sudah disepakati terkait  penanganan Tepat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang di Bekasi.

“Misalnya di sana (TPST Bantargebang) pengolahan air licit (tetesan sampah) perlu dilakukan. Kemudian juga beberapa jalan yang rusak itu juga belum. Terus dalam rangka mengantisipasi terkait dengan banjir karena daya dukung serapan tanahnya berkurang kan juga harus disiapkan tandon. Nah itu kan penting sekali,” kata Tri di Bekasi, Kamis (18/10/2018).

Saat ini, truk sampah DKI boleh melintas di wilayah Kota Bekasi, kapan saja selama sehari. Jalur-jalur yang diperbolehkan yakni di jalur Transyogi, bisa dilintasi selama 24 jam (DKI-Cibubur-Jalan Narogong-TPST Bantargebang). Kemudian lewat Tol Bekasi Barat khusus untuk truk compactor boleh melintas pada pukul 05.00-21.00 WIB (DKI-Tol Bekasi Barat-Jalan Ahmad Yani-Jalan Narogong-TPST Bantargebang).

Jalur lain adalah Tol Bekasi Barat untuk segala jenis kendaraan boleh melintas pada pukul 21.00-05.00 (DKI-Tol Bekasi Barat-Jalan Ahmad Yani-Jalan Narogong-TPST Bantargebang). Truk sampah DKI juga boleh melintas lewat pintu tol Jatiasih-Jalan Cipendawa Baru-Jalan Narogong-TPST Bantargebang selama 24 jam.

Tri Adhianto, Wakil Walikota Bekasi

Kini, Pemkot Bekasi akan menerapkan jam operasional truk sampah DKI sesuai perjanjian lama, dimana truk hanya boleh melintas di wilayah Kota Bekasi pada pukul 21.00-05.00 WIB. Di jalur Transyogi hanya boleh melintas pada siang hari.

Berdasarkan perjanjian lama, truk sampah DKI tidak boleh melewati pintu tol Jatiasih. Tri menambahkan, selain karena ada kewajiban-kewajiban yang belum dipenuhi Pemprov DKI, jam operasional truk sampah DKI akan dibatasi karena terdapat proyek pembangunan flyover Rawapanjang dan Cipendawa.

Saat ditanya kapan pembatasan jam operasional truk sampah DKI mulai diberlakukan, Tri menjawab, “Secepatnya. Kan kami sudah buat surat, mereka tinggal tanggapi. Makanya sekarang ada upaya paksa, supaya kami sama-sama duduk bareng lagi.”  (DP/AP)