Rilis SETARA Institute, Singkawang Kalbar Kota Paling Toleran di Indonesia

Jakarta,Bekasipost.com  – Mengutip situs resmi SETARA Institue, Sabtu (8/12/2018), di antara 10 kota di Indonesia yang paling toleran, Kota Singkawang berada di urutan pertama dalam penghargaan ini.Kota Singkawang, Kalimantan Barat dinobatkan menjadi kota di Indonesia yang paling toleran versi SETARA Institute.

Menteri Dalam negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menyambut baik penelitian yang dilakukan oleh SETARA Institute di seluruh kota di Indonesia.

Bersaing dengan 94 kota lain di Indonesia, Singkawang dinilai sebagai kota yang berhasil mempraktikkan toleransi paling baik. Skor Kota Singkawang memperoleh nilai  tertinggi yaitu 6,513 dari skala penilaian 1-7.

Ketua SETARA Institute Hendardi mengatakan, Kota Singkawang dinilai memiliki beberapa atribut yang mendukung penobatan kota paling toleran se-Indonesia.

Pemaparan Kota Toleran Indonesia yang dilakukan SETARA Institue Jakarta, Sabtu (8/12/2018)

Pemerintah kota punya regulasi yang kondusif bagi praktik dan promosi toleransi. Bagus dalam bentuk perencanaan maupun pelaksanaan.Di Singkawang tingkat peristiwa dan tindakan pelanggaran kebebasan beragama/berkeyakinan rendah atau tidak ada sama sekali.

Hendardi menambahkan, pihaknya melakukan kajian dan indexing Indeks Kota Toleran (IKT) 2018 terhadap 94 kota di Indonesia, dalam  hal isu promosi dan praktek toleransi yang dilakukan oleh pemerintah kota masing-masing.

Dalam penganugerahan “Kota Toleran 2018,” di Jakarta, hari Jumat (7/12), Hendardi mengatakan tujuan penetapan indeks ini antara lain untuk mempromosikan kota-kota yang dianggap berhasil membangun dan mengembangkan toleransi di wilayahnya masing-masing.

Sehingga dapat memicu bagi kota lainnya untuk bergegas mengikuti, membangun, dan mengembangkan toleransi di wilayahnya.

“Pemerintah sendiri sangat menganggap penting, soal toleransi, karena itu saya kira ini akan menjadi pemicu bagi kota-kota lain untuk saling bersaing di tahun-tahun mendatang,” ujar Hendardi. (MS/red)