Layanan Kesehatan di Kota Bekasi Tetap Buka. Meski Libur Lebaran

Walikota Bekasi

Bekasipost.com – Upaya Pemkota Bekasi untuk memaksimalkan layanan publik terus ditingkatkan, termasuk di libur Lebaran 2016. Warga masyarakat sebagai subjek dan target pembangunan kualitas SDM, mendapat perhatian khususnya selama pelaksanaan lebaran.

Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi memastikan layanan kesehatan di wilayahnya tetap beroperasi selama libur lebaran 2016. Layanan kesehatan yang beroperasi selama 24 jam itu di antaranya, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Bekasi dan sejumlah Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas).

“Dua pusat layanan kesehatan itu harus tetap beroperasi selama lebaran agar warga yang sedang sakit bisa segera berobat,” ujar Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi pada Kamis (23/6).

Selain buka saat libur lebaran, tegas Rahmat, dua layanankesehatanitu juga dilarang menolak pasien miskin. Sebab kini sudah ada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan untuk mengcover biaya perawatan masyarakat.

Tak hanya itu, kata dia, para dokter dan perawat di rumah sakit juga harus siaga selama 24 jam. Hal ini untuk mengantisipasi adanya pasien yang masuk dalam keadaan genting. Bahkan Rahmat menyebutkan ada tiga puskesmas yang harus dibuka selama 24 jam saat libur lebaran, yaitu Puskesmas Bantar Gebang, Puskesmas Pondok Gede dan Puskesmas Karangkitri di Bekasi Timur.

“Tiga puskesmas ini merupakan lintasan yang dilalui pemudik menuju Pantai Utara (Pantura), sehingga harus tetap dibuka,” kata Rahmat Efendi sehingga warga masyarakat khususnya pemudik yang melewati atau melalui wilayah kota Bekasi, bisa memanfaatkan posko, fasilitasm dan penanganan oleh tim medis dimaksud apabila mengalami gangguan kesehatan atau terjadi kecelakaan dalam perjalanan..

“Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bekasi, Teti Manurung menambahkan, pihaknya telah menyiagakan petugas medis secara bergantian di pos pelayanan mudik misalnya, di Jalan Mayor Hasibuan atau depan Bekasi Cyber Park, Jalan Ahmad Yani dekat Bekasi Hypermal, Jalan Jendral Sudirman di depan Stasiun Kranji, Jalan Sultan Agung di Harapan Indah dan Jalan Ir. Juanda atau dekat Stasiun Bekasi, untuk antisipasi kebutuhan pertolongan medis. (tim/AP)

Leave a comment

Your email address will not be published.

*